Ukir Relief Jepara

ukiranreliefperjamuanterakhir

Seni ukir relief relief 3 dimensi merupakan sebuah karya seni berbentuk pahatan yang beberapa bagian cekung dan beberapa bagian cembung yang menghasilkan sebuah gambar dengan efek tiga dimensi yang sangat indah dengan motif tertentu. Berbicara tentang ukiran relief, beberapa daerah di Indonesia terkenal akan keindahan seni ukirnya, satu diantaranya adalah Jepara.

Sudah menjadi rahasia umum jika kota Jepara merupakan “The World Carving Center” karena produk-produk ukirannya yang sangat indah, berkelas dan mendunia. Sebagai kota ukir, keindahan ukiran relief Jepara berhasil menarik penikmat seni baik di dalam maupun luar negeri.

Ada banyak hal yang membuat ukiran relief Jepara banyak diminati, selain dari keindahannya yakni; jika dicermati, ukiran relief tidak monoton dan tidak berkutat dengan motif yang itu-itu saja, tetapi selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, tampilan ukiran Jepara juga luwes, dan rapi sehingga tidak terkesan kaku dan lebih enak untuk dipandang.

Berbicara mengenai motif, ada banyak sekali motif ukiran relief kayu jati yang terkenal dari ukiran relief Jepara, tetapi ada satu ciri khas yang dapat membedakan ukiran Jepara dengan daerah lainnya yakni dilihat dari motifnya yang berbentuk tanaman yang menjalar. Ciri ragam hias khas Jepara ini biasanya dapat cepat dikenali karena bentuknya yang merupakan kreasi dari tanaman menjalar dimana tiap-tiap ujung relungnya terdapat daun-daun krawing yang indah dan dinamis. Tangkai-tangkai relung yang panjang digunakan untuk pengisi ruang sehingga terbentuklah ukiran manis yang penuh dengan keindahan, untuk bahan pembuatan ukiran kami menggunakan kayu jati Tpk yang sudah terkenal kualitasnya.

Selain ukiran khas seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, para pengrajin ukiran relief 3 dimensi juga tidak selalu berkutat dengan design klasik yang penuh kompleksitas, tetapi juga design minimalis mengenai suatu peristiwa atau penggambaran suatu tempat seperti tema perjamuan terakhir, motif kuda lari, motif ka’bah, dan masih banyak motif lainnya. Berikut beberapa contoh motif ukiran relief Jepara masa kini beserta deskripsinya:

Ukiran Perjamuan Terakhir

Motif ukiran relief perjamuan terakhir ini merupakan salah satu karya ukir relief 3 dimensi yang dibuat pada sebidang kayu jati. Tema motif diambil dari kisah The Last Supper atau makan malam Yesus beserta rasulnya, banyak pembeli yang memesan ukiran relief perjamuan untuk hiasan meja altar gereja maupun hiasan dinding rumah.

ukiranreliefperjamuanterakhir

Ukiran Relief Hayam Wuruk

Ukiran relief hayam wuruk memiliki cerita yang cukup menarik dengan detail yang sangat indah. Mengusung tema kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk (terlihat sang Raja sedang duduk di kereta kencana, memberi perintah kepada sang patih Gajah Mada). Menceritakan raja beserta prajurit saat akan pergi ke perang babat.

ukiranreliefhayamwuruk

Ukiran Relief Kuda Lari

Menurut Fengshui, ukiran kuda lari dapat membawa elemen positif di dalam rumah atau tempat yang memasangnya. Banyak yang mempercayai jika mempunyai gambar kuda lari atau ukiran dengan motif kuda lari ini dapat membawa hoki dan keberuntungan bagi pemiliknya.

ukirankudalari

Ukiran Relief Ikan Koi

Selain kuda lari, di dalam Fengshui, ikan koi juga dipercaya dapat membawa rejeki bagi pemiliknya, mungkin itu sebabnya ukiran ikan koi ini sangat terkenal dan banyak diminati oleh penikmat seni dan selalu jadi best seller nya Jeparaland.

ukiranikankoi

Ukiran Relief Pertanian

Ukiran relief pertanian diambil dari tema lingkungan pedesaan yang hangat lengkap dengan aktivitas keseharian masyarakat jaman dahulu seperti bercocok tanam, berjualan, berkeliling menggunakan kereta kuda, bersepeda, naik becak dan lain sebagainya. Ditangan pengrajin ukiran Jepara tema relief pertanian dijadikan karya seni ukiran relief 3 dimensi yang sangat menabjubkan.

ukiranreliefpertanian

Ukiran Relief Ramayana

Ukiran relief ramayana dari dulu hingga sekarang banyak sekali peminatnya. Karya seni ukir Jepara bertemakan kisah pewayangan Rama Shinta Mahabarata dengan kedetailan yang tinggi dan memperhatikan detail sehingga menjadi satu karya ukiran relief 3 dimensi yang indah. Selain motif ukiran ramayana, tema pewayangan lainnya seperti karna tanding juga sering menjadi tema ukiran relief yang banyak diminati.

ukiranramayana

Masing-masing ukiran dikerjakan oleh para seniman yang sudah berkompeten di bidangnya, tidak dalam semalam seperti kisah roro jonggrang ya. Untuk dapat menghasilkan satu karya ukiran relief 3 dimensi kami pengrajin relief membutuhkan waktu 2-5 bulan tergantung kerumitan motif dan ukuran kayu jati. Semakin kompleks tema yang akan diusung, semakin lama waktu pengerjaannya. Bagi anda yang tidak suka menunggu, jangan khawatir karena kami jeparaland memiliki banyak barang ready-stock yang tersedia di workshop kami. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana proses pembuatan, Anda dapat cek langsung ke alamat kami yang berlokasi di sentra ukir relief desa Senenan Jepara. Anda bisa melihat proses dari sebuah papan kayu jati utuh dipahat sedemikian rupa hingga berubah menjadi ukiran tiga dimensi yang indah dan benar-benar hidup.
Untuk harga yang kami tawarkan beragam, tergantung dengan tingkat kerumitan, ukuran dan bahan kayu jati yang kita pakai. Kayu jati dipilih karena teksturnya yang sesuai untuk pembuatan ukiran relief, juga karena daya tahannya yang baik sehingga ukiran yang dihasilkan awet walau termakan usia.
Jika Anda tertarik untuk membeli satu diantara berbagai tema dan motif ukiran relief Jepara diatas, Anda bisa langsung mengubungi kontak kami pengrajin ukiran relief 3 dimensi di sentra ukir relief Senenan, Tahunan, Kabupaten Jepara.